Kamis, 04 Juni 2015

EDMODO

APA ITU EDMODO ?
Edmodo adalah platform microblogging pribadi yang dikembangkan untuk guru dan siswa, dengan mengutamakan privasi siswa. Guru dan siswa dapat berbagi catatan, tautan, dan dokumen. Guru juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan peringatan, acara, dan tugas untuk siswa dan dapat memutuskan untuk mengirimkan sesuatu dalam kerangka waktu yang dapat dilihat publik.

Edmodo dirancang untuk membuat siswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam Edmodo, guru dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa, dan lencana penghargaan kepada siswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. Pada Edmodo, guru berada di tengah-tengah jaringan yang kuat yang menghubungkan guru kepada siswa,administrator, orang tua/wali, dan penerbit/buku. Jaringan ini merupakan permukaan sumber daya terbaik di dunia dan alat-alat, yang menyediakan blok bangunan pendidikan yang berkualitas tinggi.
Pusat utama Edmodo adalah para guru dan murid sekolah yang belum legal menggunakan jejaring sosial populer semacam Facebook atau Twitter. Memiliki tampilan dan sistem interaksi mirip Facebook, Edmodo mengajarkan para murid mengenai tanggung jawab, sopan santun, toleransi, etika jejaring sosial dan hukuman sosial sehingga apabila waktunya tiba mereka bisa menjadi pengguna jejaring sosial yang bertanggung jawab. Selain itu secara tidak langsung mereka juga belajar untuk mengemukakan pendapat secara terstruktur dan menulis. Edmodo juga dilengkapi dengan banyak game dan aplikasi yang membantu murid untuk belajar dengan interaktif dan menyenangkan. Edmodo tersedia dalam format web based, iOS dan Android..

Fitur  yang ditawarkan adalah :
1.         Bisa meng-edit Profile Picture dan Nama.
2.       Tampilan yang sama seperti facebook.
3.       Assignment yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
4.       Pengaturan jadwal event-event penting.
5.       Satu anak bisa menjadi murid banyak guru.
6.       Edmodo bisa diakses melalui handphone.

Fitur  yang ditawarkan adalah :
1.         Bisa meng-edit Profile Picture dan Nama.
2.       Tampilan yang sama seperti facebook.
3.       Assignment yang dapat diposting guru sebagai PR (pekerjaan rumah) / tugas.
4.       Pengaturan jadwal event-event penting.
5.       Satu anak bisa menjadi murid banyak guru.
6.       Edmodo bisa diakses melalui handphone.
MANFAAT EDMODO DALAM PENGAJARAN DAN PEMBELAJARAN
Manfaat – manfaat yang yang dapat dirasakan oleh para Guru dan Siswa terhadap penggunaan Edmodo dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah :
  • Siswa bisa berinteraksi dalam pantauan gurunya (bebas cyber crime dan cyber bullying). Guru bisa ‘mengunci’ siswa dengan demikian ia hanya bisa membaca dan tidak bisa berkomentar pada seisi ‘kelas’ namun tetap ia bisa berkomunikasi langsung dengan gurunya.
  • Tidak ada orang luar yang bisa masuk dan melihat kelas virtual yang dibuat oleh seorang guru tanpa mendapat kode khusus dari guru yang bersangkutan
  • Guru bisa memulai pertanyaan, menaruh foto atau video, menaruh presentasi bahan ajar, yang kesemuanya bebas untuk diunduh oleh siswa dan dikomentari
  • Murid bisa kembali kapan saja untuk mengulang materi yang diberikan gurunya, bahkan PR bisa diberikan melalui edmodo. Murid juga bisa mengumpulkan PR nya lewat edmodo, tinggal unggah saja.
  • Edmodo bisa dipadukan dengan situs lain seperti wall wisher, glogster dan lain sebagainya.
  • Guru bisa menaruh nilai dari pekerjaan siswa sebagai acuan bagi siswa.  
  • Kelas virtual yang dibuat seorang guru tidak terbatas, guru bisa menaruh bahan ajar untuk digunakan di angkatan atau tahun ajaran berikutnya
  • Siswa bisa bekerja sama dengan siswa lain dalam grup kecil yang dibentuk oleh gurunya. Saat mengerjakan sebuah proyek bersama mereka bisa menaruh semua dokumen yang diperlukan dalam pengerjaannya.
  • Edmodo memungkinkan guru menaruh bahan ajar yang sangat berguna bagi siswa yang tidak masuk atau berhalangan saat melakukan tatap muka.
  • Siswa yang pendiam bisa bebas berkata-kata dan berpendapat tanpa khawatir dipermalukan, sementara si anak tipe aktif bisa posting pertanyaan kapan saja asal ia terhubung dengan internet.
  • guru bisa mengajarkan tata cara yang berlaku di dunia maya seperti cara berkomentar dan sederet tata krama di dunia maya yang perlu siswanya ketahui.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN EDMODO
Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Edmodo

Kelebihan;

1.         User Interface.  Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
2.       Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
3.       Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

Kekurangan;

1.         Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
2.       Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
3.       Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar